SOAL MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN




Soal :
Coba anda uraikan dan berikan contoh tentang :
1.      Wirausaha yang berorientasi masa depan
2.      Wirausaha yang visioner dalam menjalankan usahanya
3.      Wirausaha yang berpikiran positif dan berkarakter
4.      Wirausaha yang memiliki pengetahuan dan keterampilan yang luas
Jawaban :
1.            Wirausahawan harus mampu membaca peluang bisnisnya di masa yang akan datang. pakah dikemudian hari usaha (bisnis) yang ia geluti masih dibutuhkan oleh pasar atau tidak.
      Contohnya, pada waktu HP belum banyak dimiliki oleh masyarakat, maka usaha wartel merupakan peluang usaha yang sangat menjanjikan. Namun jika kita lihat saat ini, HP merupakan alat komunikasi yang sudah dimiliki oleh rata - rata masyarakat Indonesia, maka disini tentu saja  wartel adalah sesuatu yang tidak terlalu dibutuhkan oleh pasar.
      Sedangkan untuk contoh yang berorientasi pada masa depan adalah pengusaha perlengkapan bayi dan jasa penitipan anak. Dari tahun ke tahun, tingkat kelahiran manusia akan semakin naik, dan tentu saja tingkat peralatan yang dibutuhkan dalam proses kelahiran maupun membesarkan anak tersebut akan terus meningkat. Sehingga bisa kita dapati bahwa usaha peralatan bayi dan jasa penitipan anak adalah usaha yang berorientasi terhadap masa depan.
2.            Wirausaha memang tergolong ke dalam bisnis berskala kecil dan menengah. Namun, bukan berarti wirausahawan boleh puas hanya dengan menjadi pemilik sebuah usaha kecil dan menengah (UKM). Wirausahawan harus mengupayakan segala cara agar UKM miliknya bisa berkembang dan bisa menjadi bisnis besar suatu hari nanti. Oleh karena itu, wirausahawan harus bersikap visioner dalam melihat peluang-peluang bisnis dan prospek bisnisnya di masa depan.
      Misalnya, Mbak Tatik  memiliki usaha kecil-kecilan menjual nasi kuning di pasar dengan berkeliling. Dengan sikap visionernya, ia tidak menganggap bahwa usahanya hanya sebatas itu hingga ia lanjut usia. Ia juga memikirkan cara agar usahanya terus berkembang. Ia menabung keuntungan yang ia dapatkan per harinya untuk dijadikan modal untuk membuka warung tetap sehingga ia tak perlu susah payah berkeliling lagi. Lalu, warung tersebut akan dikembangkannya hingga memiliki cabang.
3.            Kekhawatiran-kekhwatiran seperti takut tidak balik modal, takut merugi, dan takut tidak mendapatkan konsumen adalah hal-hal yang sering menghampiri seorang calon wirausahawan. Agar wirausahawan bisa melalui proses awal berbisnis dengan baik, ia harus mengesampingkan ketakutan-ketakutan semacam itu dan berpikir secara positif.
      Contohnya, Arif, seorang mahasiswa tingkat akhir ingin agar ketika ia wisuda nanti, ia tak lagi resah dengan predikat pengangguran. Ia lalu berniat membuat usaha rental buku. Ia memiliki modal yang cukup untuk membeli 50-an buku yang laris di pasaran. Ia pun memiliki tempat, yakni kamar kosong di bagian depan kostannya. Ia punya uang untuk menyewa kamar itu setidaknya untuk dua bulan ke depan. Meskipun ada kemungkinan usahanya tidak akan mendapat konsumen, sebab itu adalah bisnis baru di lingkungannya, ia tetap maju dan meneruskan usahanya. Ia pun mengabaikan ocehan teman-temannya yang menganggap usahanya sia-saia, sebab ia sudah membuat perhitungan cermat tentang usahanya sebelumnya.
4.      Sseorang wirausahawan selayaknya tidak hanya pandai dalam satu bidang saja, ia perlu memiliki keterampilan dan pengetahuan lain yang mendukung usahanya. Sebab usaha yang begitu-begitu saja tidak akan berkembang. Ia harus mampu memenuhi tantangan perubahan zaman dengan cermat. Pengusaha yang luas pengetahuannya akan mampu cepat tanggap terhadap perubahan-perubahan yang ada di sekitarnya untuk dimanfaatkan memperoleh lebih banyak keuntungan.

Misalnya, Pak Marno adalah pengusaha kuliner yang memiliki rumah makan yang menjual berbagai jenis mie. Meski pemilik rumah makan, ia juga rutin mengamati social media dan membaca berita dari gadgetnya sehingga ia tahu tren yang sedang berlangsung di sekitarnya. Ketika Piala Dunia berlangsung, ia menghiasi rumah makannya dengan hiasan bertema sepak bola serta mengadakan acara nonton bareng,. Ia juga aktif mempromosikan rumah makannya melalui instagram dan twitter. Karenha itu rumah makannya menjadi tempat nongkrong populer di daerahnya.  

Gunakan bahan ini sebijak-bijaknya ya :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Begini Rasanya Wawancara S2 Unpad

Yuk, Teladani Sang Ayam Jantan dari Timur !

Kumpulan Cerbung "BUMI" karya Darwis Tere Liye