HOAX BUSTED - Sungai di Bawah Laut



Dunia maya heboh ketika ditemukan aliran sungai di bawah laut. Kabar ini muncul sekitar tahun 2010 dan sempat membuat heboh bahkan banyak yang mengaitkannya dengan kitab suci. Sayangnya, informasi ini adalah berita bohong. Sangat disayangkan banyak orang yang mengaitkannya dengan agama (yang paling diuntungkan adalah pemilik blog yang menyebarkan hoax ini) karena dapat menimbulkan kesan buruk terhadap agama yang dikaitkan.
Cenote adalah lubang alami yang terbentuk saat atap gua runtuh dan menunjukkan bagian dalam gua tersebut. Cenote seperti itu banyak terdapat di semenanjung Yucatan, Meksiko. Angelita sendiri berarti malaikat kecil. Cenote Angelita berupa lubang di tengah hutan yang terisi air tawar di bagian atas, serta air laut di bagian bawah, dan lapisan hidrogen sulfida yang berada di antara keduanya. Fenomena halocline memisahkan antara air tawar (dari air hujan) dengan air laut.

     Cenote Angelita bukan ditemukan oleh Jacques-Yves Cousteau, bahkan tak ada catatan dia pernah ke sana. Yang mengabadikan fenomena bawah air Cenote Angelita dan mendeskripsikannya adalah fotografer bawah laut Rusia, Anatoly Beloshchin.

    Apa yang nampak sebagai sungai dalam foto-fotonya bukanlah sungai, melainkan lapisan hidrogen sulfida. Demikian pula foto dari pohon yang nampak di dasar, itu adalah bagian dari pohon yang jatuh ke lubang dan tenggelam. Bagian pohon yang membusuk itulah yang menghasilkan lapisan hidrogen sulfida, yang menimbulkan sungai ilusi tersebut. Tak ada sungai air tawar di sana. Cenote Angelita bukan sungai di dasar laut.

Sumber :
Blog
Situs Resmi
Berita

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Begini Rasanya Wawancara S2 Unpad

Yuk, Teladani Sang Ayam Jantan dari Timur !

Kumpulan Cerbung "BUMI" karya Darwis Tere Liye