KULIAH PUBLIC SPEAKING - CARA MENYAMPAIKAN PIDATO

MOHON GUNAKAN BAHAN INI DENGAN BIJAK. JANGAN BIASAKAN COPY PASTE



Cara Menyampakan Pidato

            Menyampaikan pidato tidak semudah yang kita lihat, namun juga tak sesulit yang kita pikirkan. Munhkin ada di antara kita kesulitan menyampaikan pidato karena sulit menghafal. Ada juga yang sulit karena tak bisa tanpa teks. Sebenarnya kita tak perlu cemas, sebab tak hanya ada satu metode dalam menyampaikan pidato. Metode tersebut dipilih sesuai dengan kemampuan kita dan konteks kegiatan yang diikuti.
            Metode-metode tersebut ada empat, yaitu :
a.       Langsung
Menyampaikan pidato secara langsung maksudnya adalah kita menyampaikan pidato secara spontan ketika dimintai menyampaikan pidato. Materi yang ia sampaikan berdasarkan pengetahuan dan pengalaman yang ia dapatkan selama ini. Metode ini sangat menguntungkan bila kita disuruh menyampaikan pidato secara dadakan. Kita bisa menyampaikan pidato dengan lancar. Namun, kelemahannya adalah apabila pengetahuan dan pengalaman yang kurang. Karena itu metode ini biasanya diterapkan oleh para profesional.
b.      Teks
Metode ini merupakan metode yang termudah, sebab kita hanya membaca. Seluruh yang kita harus sampaikan telah disiapkan dalam bentuk tulisan, jadi tak perlu khawatir terlihat bodoh atau tak menguasai materi. Karena itu metode ini sering digunakan pada acara resmi seperti pidato kenegaraan, pidato seragam, pidato upacara kemerdekaan, dan sebagainya. Hal ini dilakukan sebab dalam metode ini adanya kesalahan diminimalkan. Yang menjadi tantangan adalah kita harus membawakan pidato secara tidak monoton. Kita sebaiknya tidak terlalu fokus ke teks kita, pandangilah audiens anda sesekali.
c.       Hafalan
Bagi yang memiliki ‘energi’ lebih, bisa menerapkan metode manghafal. Jadi, pertama kita mengambil sebuah teks pidato yang sudah jadi, lalu menghafal seluruh kata per kata secara berurutan tanpa terlewat sedikit pun. Dengan menghafal, kita akan menguasai materi pidato tanpa perlu teks. Namun, bila hafalan hilang, maka lenyap sudah pidato kita.
d.      Kerangka
Dari seluruh metode, metode ini merupakan metode yang paling banyak dipakai orang, sebab mengambil kelebihan dari ketiga metode lain dan mengatasi kekurangannya. Dalam metode ini, kita menuyliskan konsep pidato. Namun, yang ditulis hanyalah kerangkanya, poin-poin utamanya. Kita menyampaikan pidato berdasarkan pengembangan dari kerangka yang telah dibuat. Ini mengatasi kelemahan dalam metode hafalan, yakni kita tak perlu menghafal berlembar-lembar pidato. Ini pun menghemat metode teks sebab yang ditulis tidak sebanyak pidato lengkap. Dan jelas untuk pidato dadakan, kita bisa menerapkan metode ini, karena kita hanya perlu waktu beberapa saat untuk membuat kerangka.
Namun, untuk pidato yang harus menyampaikan materi dengan sempurna dan padat, metode ini tidak tepat digunakan, dan metode ini juga bergantung pada pengetahuan dan pengalaman seseorang sebelumnya.

Setelah melihat keempat metode di atas, dapat dikatakan bahwa setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kita tinggal memilihnya sesuai kebutuhan, kemampuan, dan konteks kegiatan yang akan kita ikuti.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Begini Rasanya Wawancara S2 Unpad

Yuk, Teladani Sang Ayam Jantan dari Timur !

Kumpulan Cerbung "BUMI" karya Darwis Tere Liye