SOAL DASAR-DASAR PEMASARAN (BASIC OF MARKETING)
Gunakan bahan ini dengan bijak :)
Pertanyaan
:
1.
Pemasaran bukan saja sekedar upaya mengeluarkan uang
alokasi sumberdaya manusia agar lebih efektif dan efisien. Jelaskan !
2.
Pemasaran bukan sekedar periklanan (persuasif), atau
pemasaran yang kreatif yang bekerja di beragam organisasi. Jelaskan !
3.
Bagaimana cara menerapkan 12 prinsip pemasaran di bidang high-tech dan high-touch agar mudah diakses oleh masyarakat ?
Jawaban
:
1.
Berbicara mengenai pemasaran, tidak selalu berarti
kegiatan memberikan uang kepada orang lalu kita mendapatkan barang atau jasa
atas uang tersebut. Itu pemahaman yang biasa. Sesungguhnya pemasaran itu sudah
dimulai dari perencanaannya. Perencanaan yang baik akan membuat kegiatan
pemasaran berlangsung dengan lancar, pelaku usaha tahu apa yang harus dia
lakukan langkah demi langkah.
Salah satu hal yang menjadi pertanyaan
penting bagi pelaku usaha adalah bagaimana strategi memasarkan suatu barang
atau jasa yang efektif dan efisien. Jika anda pikir cara itu tidak ada, anda
salah. Sebab, di bawah ini akan disebutkan enam cara agar pemasaran yang
dilakukan efektif dan efisien.
a.
Kenali pelanggan anda. Maksudnya, tentukan segemntasi
pasar anda. ,isalnya apakah anak-anak atau remaja, orang kelas atas atau
menngah, dan sebagainya.
b.
Berpromosilah. Zaman sudah canggih, jangan sia-siakan
kesempatan untuk memperluas usaha anda dengan menggunakan media promosi
berbasis internet. Jangan sampai usaha anda hanya terkenal di daerah anda saja.
c.
Pilih lokasi strategis. Perhatikanlah warung-warung makan
yang ada di daerah anda. Apakah ia terpemcil atau ada di tempat ramai, dekat
dengan pangkalan ojek, pemukiman pemduduk padat, dan mudah diakses pelanggan ?
d.
Gunakan internet marketing. Bisnis online merupakan
bisnis yang sedang booming saat ini. Manfaatkan peluang ini untuk menjaring
berbagai pelanggan yang sering berselancar di dunia maya.
e.
Jalin hubungan baik dengan pelanggan. Penjual dan pembeli
tak hanya berinteraksi sekali saja. Kalau begitu, anda akan kehabisan manusia
di sunia untuk menjadi pembeli produk anda. Memiliki pelanggan adalah
keuntungan bagi perusahaan atau usaha.
f.
Terapkan the power of Focus. Jangan terlena dengan
kesenangan maupun kesedihan yang anda daapaatkan. Tetaplah fokus terhadap
target usaha anda yang tentunya telah anda rencanakan secara matang. Jangan
biarkan diri dikuasai kegelisahan.
2.
Melakukan pemasaran, bukan cuma tentang iklan. Bukan cuma
tentang mengajak orang membeli produk lalu menunggu keajaiban orang datang ke
tempat usaha kita. Tidak sesimple itu. Perlu daya kreatif yang tinggi untuk
menciptakan teknik pemasaran yang lebih jitu, antara lain :
a.
Pemasaran kepada orang yang berpengaruh. Dalam tiap
komunitas, pastilah ada setidaknya satu orang yang memiliki pengaruh. Apa yang
dia kenakan, katakan, akan dianggap hal yang layak untuk diikuti orang lain
dalam komunitas / group tersebut. Orang inilah yang pantas dijadikan objek
pemasaran. Dengan menawarkan produk kita ke dia, maka ‘pengikutnya’ akan
menusul.
b.
Usahakaan mendapat liputan. Biasanya, orang cenderung
tidak mempercayai informasi yang disajikan dalam iklan. Kemungkinan terbesarnya
adalah karena iklan dianggap terlalu mengada-ada. Misalnya, dengan menggunakan
shampo terntentu akan membuat rambut kita hitam lurus nan lebat seperti idaman
banyak orang. Padahal, rambut manusia itu berbeda-beda perlakuannya. Dengen
adanya usaha kitayang ada ‘terselip’ dalam liputan, setidaknya orang-orang akan
lebih poercaya pada produk kita.
c.
Gunakan Pemasaran menular. Konsep ini maksudnya adalah
konsumen dijadikan sebagai sarana promosi gratis meskipun hasilnya juga
kecil-kecilan namun bila berlangsung secara konsisten akan berdampak luar
biasa. Contohnya yakni dengan memberikan diskon bagi konsumen yang datang lagi
ke sebuah usaha dengan membawa 2 orang temannya.
3.
Kedua belas prinsip itu adalah :
1)
Show me the money
2)
It’s all about the process
3)
What gets measured get done
4)
Be patient
5)
Marketing isn’t a sometime thing, at’s an
all-the-time thing
6)
Think about it! Really think
7)
Listen and learn, and be prepared to get
out of your own way
8)
Not all marketing is marketing
9)
You still gotta execute
10) Give it away
11) Two way dialogue
12) Live the Brand
Untuk
menerapkan prinsip-prinsip di atas, maka suatu usaha harus memiliki peralatan
tercanggih (high-tech) sehingga dapat
memberikan informasi kepada lebih banyak orang dan harus memiliki memorial
dengan pekelanggan sehingga usazha kita akan ‘melekat’ di kepala konsumen (high-touch).
Komentar
Posting Komentar
Sesederhana apapun idemu kemudian dituliskan dengan jujur, it's something.