SOAL DASAR-DASAR PEMASARAN (BASIC OF MARKETING)

Gunakan bahan ini dengan bijak :)


Pertanyaan :
1.      Pemasaran bukan saja sekedar upaya mengeluarkan uang alokasi sumberdaya manusia agar lebih efektif dan efisien. Jelaskan !
2.      Pemasaran bukan sekedar periklanan (persuasif), atau pemasaran yang kreatif yang bekerja di beragam organisasi. Jelaskan !
3.      Bagaimana cara menerapkan 12 prinsip pemasaran di bidang high-tech dan high-touch agar mudah diakses oleh masyarakat ?


Jawaban :
1.      Berbicara mengenai pemasaran, tidak selalu berarti kegiatan memberikan uang kepada orang lalu kita mendapatkan barang atau jasa atas uang tersebut. Itu pemahaman yang biasa. Sesungguhnya pemasaran itu sudah dimulai dari perencanaannya. Perencanaan yang baik akan membuat kegiatan pemasaran berlangsung dengan lancar, pelaku usaha tahu apa yang harus dia lakukan langkah demi langkah.
Salah satu hal yang menjadi pertanyaan penting bagi pelaku usaha adalah bagaimana strategi memasarkan suatu barang atau jasa yang efektif dan efisien. Jika anda pikir cara itu tidak ada, anda salah. Sebab, di bawah ini akan disebutkan enam cara agar pemasaran yang dilakukan efektif dan efisien.
a.       Kenali pelanggan anda. Maksudnya, tentukan segemntasi pasar anda. ,isalnya apakah anak-anak atau remaja, orang kelas atas atau menngah, dan sebagainya.
b.      Berpromosilah. Zaman sudah canggih, jangan sia-siakan kesempatan untuk memperluas usaha anda dengan menggunakan media promosi berbasis internet. Jangan sampai usaha anda hanya terkenal di daerah anda saja.
c.       Pilih lokasi strategis. Perhatikanlah warung-warung makan yang ada di daerah anda. Apakah ia terpemcil atau ada di tempat ramai, dekat dengan pangkalan ojek, pemukiman pemduduk padat, dan mudah diakses pelanggan ?
d.      Gunakan internet marketing. Bisnis online merupakan bisnis yang sedang booming saat ini. Manfaatkan peluang ini untuk menjaring berbagai pelanggan yang sering berselancar di dunia maya.
e.       Jalin hubungan baik dengan pelanggan. Penjual dan pembeli tak hanya berinteraksi sekali saja. Kalau begitu, anda akan kehabisan manusia di sunia untuk menjadi pembeli produk anda. Memiliki pelanggan adalah keuntungan bagi perusahaan atau usaha.
f.       Terapkan the power of Focus. Jangan terlena dengan kesenangan maupun kesedihan yang anda daapaatkan. Tetaplah fokus terhadap target usaha anda yang tentunya telah anda rencanakan secara matang. Jangan biarkan diri dikuasai kegelisahan.

2.      Melakukan pemasaran, bukan cuma tentang iklan. Bukan cuma tentang mengajak orang membeli produk lalu menunggu keajaiban orang datang ke tempat usaha kita. Tidak sesimple itu. Perlu daya kreatif yang tinggi untuk menciptakan teknik pemasaran yang lebih jitu, antara lain :
a.       Pemasaran kepada orang yang berpengaruh. Dalam tiap komunitas, pastilah ada setidaknya satu orang yang memiliki pengaruh. Apa yang dia kenakan, katakan, akan dianggap hal yang layak untuk diikuti orang lain dalam komunitas / group tersebut. Orang inilah yang pantas dijadikan objek pemasaran. Dengan menawarkan produk kita ke dia, maka ‘pengikutnya’ akan menusul.
b.      Usahakaan mendapat liputan. Biasanya, orang cenderung tidak mempercayai informasi yang disajikan dalam iklan. Kemungkinan terbesarnya adalah karena iklan dianggap terlalu mengada-ada. Misalnya, dengan menggunakan shampo terntentu akan membuat rambut kita hitam lurus nan lebat seperti idaman banyak orang. Padahal, rambut manusia itu berbeda-beda perlakuannya. Dengen adanya usaha kitayang ada ‘terselip’ dalam liputan, setidaknya orang-orang akan lebih poercaya pada produk kita.
c.       Gunakan Pemasaran menular. Konsep ini maksudnya adalah konsumen dijadikan sebagai sarana promosi gratis meskipun hasilnya juga kecil-kecilan namun bila berlangsung secara konsisten akan berdampak luar biasa. Contohnya yakni dengan memberikan diskon bagi konsumen yang datang lagi ke sebuah usaha dengan membawa 2 orang temannya.

3.      Kedua belas prinsip itu adalah :
1)      Show me the money
2)      It’s all about the process
3)      What gets measured get done
4)      Be patient
5)      Marketing isn’t a sometime thing, at’s an all-the-time thing
6)      Think about it! Really think
7)      Listen and learn, and be prepared to get out of your own way
8)      Not all marketing is marketing
9)      You still gotta execute
10)  Give it away
11)  Two way dialogue
12)  Live the Brand


Untuk menerapkan prinsip-prinsip di atas, maka suatu usaha harus memiliki peralatan tercanggih (high-tech) sehingga dapat memberikan informasi kepada lebih banyak orang dan harus memiliki memorial dengan pekelanggan sehingga usazha kita akan ‘melekat’ di kepala konsumen (high-touch).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Begini Rasanya Wawancara S2 Unpad

Yuk, Teladani Sang Ayam Jantan dari Timur !

Kumpulan Cerbung "BUMI" karya Darwis Tere Liye