Take Home II Dasar-Dasar Public Relations

   


Selamat datang para pemburu bahan tugas komunikasi, pilihan kamu ke blog ini sangat tepat, sebab sebentar lagi kamu akan melihat contoh soal dan jawaban tentang dasar-dasar Public Relations. Kamu bebas menjadikan tugas yang sudah saya kerjakan susah payah ini sebagai referensi, ASALKAN menuliskan sumbernya dalam daftar pustakamu. Hargai aku, oke ?



Pertanyaan dan Jawaban :
1.      Sebutkan dan jelaskan bagian-bagian dan fungsi Public Relations !
Jawaban :
Yang pertama, saya akan menjelaskan bagian-bagian Public Relations. Public relations terdiri atas bagian sebagai berikut :
a)      Hubungan internal
Bagian PR ini bertugas untuk membina hubungan baik antar karyawan dan manajernya dan membuat kedua belah pihak tidak merasa dirugikan.
b)      Publisitas
Public Relations memberikan informasi-informasi yang bernilai berita kepada media. Dalam pemberian informasi ini, PR sebagai sumber berita tak dikenakan biaya apapun sehingga informasinya bersifat uncontrolled (tak terkontrol).
c)      Advertising
Apabila publisitas tak dapat dikontrol, hal sebaliknya berlaku di bagian ini. Informasi yang diberikan oleh PR dapat dikendalikan sebab untuk menerbitkan informasi di media memerlukan biaya dan bantuan dari sponsor.
d)     Press Agentry
Ini merupakan strategi PR untuk menarik perhatian publik dengan cara membuat berita atau peristiwa yang bernilai berita.
e)      Public Affairs
Bagian ini secara khusus berperan untuk mempengaruhi kebijakan publik dengan cara membangun dan mempertahankan hubungan pemerintah daan komunitas lokal.
f)       Lobbying
Untuk dapat berpengaruh dalam penyususnan undang-undang dan regulasi, terdapat Stu bagian khusus PR yang menangani pembentukan hubungan baik dengan pemerintah.
g)      Manajeman Isu
Manajemen Isu adalah proses proaktif dalam mengantisipasi, mengindentifikasi, mengevaluasi, dan merespon isu-isu kebijakan publik yang memengaruhi hubungan organisasi dengan publik mereka. Secara administratif atau secara konseptual, manajemen isu adalah bagian fungsi PR, akan tetapi, jika dilihat sebagai komunikasi persuasif, ia menjadi taktik untuk memengaruhi kebijakan publik, bukan sebagai bagian dari perencanaan strategi organisasi.
h)      Hubungan investor
Hubungan Investor adalah bagian dari PR dalam perusahaan korporat yang membangun dan menjaga hubungan yang bermanfaat dan saling menguntungkan dengan shareholder dan pihak lain di dalam komunikasi keuangan dalam rangka memaksimalkan nilai pasar.
i)        Pengembangan
Pengembangan adalah bagian khusus dari PR dalam organisasi nirlaba yang bertugas membangun dan memelihara hubungan dengan donor dan anggota dengan tujuan mendapatkan dana dan dukungan sukarela.

Sementara itu, fungsi PR memiliki berbagai versi, yang dikemukakan oleh beberapa ahli. Berikut adaalah beberapa fungsi PR :

1)      Fungsi utama PR
Fungsi utama PR dalam organisasinya  meliputi bidang-bidang yang beragam.
v  Menumbuhkan dan mengembangkan hubungan baik antara lembaga/organisasi engan publiknya, baik publik intern maupun extern dalam rangka menanamkan pengertian.
v  Menilai dan menentukan pendapat umum yang berkaitan dengan organisasinya.
v  Memberi saran kepada pemimpin tentang cara-cara mengendalikan pendapat umum sebagaimana mestinya.
v  Menumbuhkan motivasi dan partisipasi publik dalam rangka menciptakan iklim pendapat publik yangmenguntungkan organisasi/lembaga.
v  Menggunakan komunikasi untuk mempengaruhi pendapt umum     .
2)      Fungsi PR menurut International Public relations Association
Ø  Memberi konseling yang didasari pemahaman masalah prilaku manusia.
Ø  Membuat analisis "trend" masa depan dan ramalan akan akibat-akibatnya bagi institusi.
Ø  Melakukan riset pendapat, sikap dan harapan masyarakat terhadap institusi serta memberi saran tindakan-tindakan yang diperlukan institusi untuk mengatasinya.
Ø  Menciptakan dan membina komunikasi dua-arah berlandaskan kebenaran dan informasi yang utuh.
Ø  Mencegah konflik dan salah pengertian.
Ø  Meningkatkan rasa saling hormat dan rasa tanggung jawab sosial.
Ø  Memperbaiki hubungan industrial.
Ø  Menarik calon tenaga yang baik agar menjadi anggota serta mengurangi keinginan anggota untuk keluar dari institusi.· Memasyarakatkan produk atau layanan.
Ø  Mengusahakan perolehan laba yang maksimal.
Ø  Menciptakan jadi diri institusi.
Ø  Memupuk minat mengenai masalah-masalah nasional maupun ternasional.
Ø  Meningkatkan pengertian mengenai demokrasi.

3)      Fungsi PR menurut Canfield
ü  Mengabdi kepada kepentingan umum (it should serve the public’s interest).
ü  Memelihara komunikasi yang baik ( maintain good communication).
ü  Menitik beratkan moral dan tingkah laku yang baik (stress good morals and manners).

4)      Fungsi PR menurut Edward L. Bernaus
·         Memberikan informasi kepada masyarakat.
·         Mengajak masyarakat untuk mengubah sikap dan perilaku mereka.
·         Melakukan usaha-usaha untuk menyatukan sikap dan tindakan suatu lembaga atau organisasinya dengan publiknya atau sebaliknya.

2.      Jelaskan akses Public Relations ke media massa !
Jawaban :
Praktisi PR punya hubungan simbiotik dengan jurnalis. Untuk meraih “publisitas bebas” untuk pekerjaan mereka, praktisi butuh akses ke media berita untuk menyebarkan gagasan, informasi, atau pandangan organisasi dan klien yang mereka wakili. Jurnalis mengandalkan informasi dalam press release untuk artikel tentang acara yang pantas untuk diberitakan dalam komunitas mereka. 
Public relation memiliki akses ke media massa seperti media cetak, media siaran, system kabel, dan internet.
1)      Praktisi PR perlu mengetahui bahwa perlindungan kebebasan pers dalam First Amendment berarti bahwa tidak ada warga Negara yang dijamin haknya untuk memaksa media cetak untuk memublikasikan informasi khusus.
2)      Media penyiaran tunduk kepada pemerintah sejak pertama kali muncul, dan ini memberikan kesempatan bagi praktisi media untuk mendapatkan akses medium .
3)      Adanya system kabel yang mendukung penerimaan sinyal suara gelombang di udara  mengisyaratkan pemiliki saluran kabel untuk menyediakan saluran akses bagi praktisi PR yang hendak menjangkau public tertentu secara langsung melalui media massa.
4)      Internet merupakan forum public masyarakat dimana setiap orang bebas berpendapat secara massa. Ini membuat praktisi PR punya “jalur bebas” dalam menggunakan internet untuk mengirimkan pesan ke beragam konstituen.
3.      Sebutkan dan Jelaskan 6 media internal Public relations !
Jawaban :
a)      Newsletter
Newsletter merupakan sarana untuk memperkenalkan perusahaan kepada publik secara singkat padat dan jelas agar tercipta kedekatan antara perusahaan dan publik.
b)      Surat Kabar dan Tabloid
Surat kabar dan tabloid digunakan untuk menjangkau publik yang lebih luas dan heterogen agar perusahaan makin dikenal luas.
c)      Majalah dinding
Majalah dinding merupakan media yang sederhana dari segi bentuk dan bahan-bahannnya namun memiliki ciri khas tersendiri karena dibuat dengan kreaatifitas dari bendaa-benda sederhana. Meski media ini tak menjangkau banyak publik, namun kekreativitasannya lebih menarik.
d)     Majalah
Bentuknya hampir sama dengan tabloid, namun majalah memiliki topik yang lebih beraagam.  Namun majalah juga memiliki beragam jenis juga, misalnya majalah agama, majalah fashion, najalah anak, majalah keluarga, dan sebagainya. Majalah juga memiliki waktu penerbitan yang berbeda. Ada majalah mingguan, dwimingguan, dan bulanan.
e)      Buletin
Buletin merupakan selebaran yang diterbitkan berisi informasi singkat yang biasanya berupa satu artikel membahas topik tertentu. Buletin juga diterbitkan secara berkala.
f)       Internet
Internet merupakan jenis media yang paling dinamis dan paling efektif sebab menjangkau paling banyak publik dan tidak memiliki batasaan sebab walaupun bertahun-tahun artikel yang dimuat tetap ada.


4.      Sebutkan dan jelaskan 5 media eksternal  Public Relations
Jawab :
1)      Press Release (Siaran pers)
Press release merupakan berita yang dibuat oleh seorang PR yang diserahkan ke media untuk kemudian dipublikasikan ke publik.
2)      Press Conference (konferensi pers)
Apabila ada kegiatan baru yang diadakan, ada bantahan, atau ada kegiatan berskala besar yang akan diadakan oleh sebuah perusahaan, maka PR Memanggil media untuk memberi pengumuman.
3)      Press Room
Menyediakan informasi lengkap mengenai suatu perusahaan yang dijadikan sebagai pusat informasi bagi publik.
4)      Press Tour
Untuk lebih menjalin hubungan dengan media, maka PR sebagai perwakilan perusahaan mengundang para wartawan untuk mengikuti kegiatan wisata yang di dalamnya terdapat penyampaian informasi mengenai perusahaan, misalnya pembukaan cabang abaru, launching produk dan sebagainya.
5)      Press Reception

Merupakan kegiatan khusus yang dibuat untuk menjalain kedekatan lebih antara perusahaan dengaan media. Kegiatan ini tidak memiliki agendaa khusus yang berkaitan dengan materi perusahaan, hanya untuk mempererat hubungan saja. Misalnya, buka puasa bersama, jamuan makan, dan sebagainya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Begini Rasanya Wawancara S2 Unpad

Yuk, Teladani Sang Ayam Jantan dari Timur !

Kumpulan Cerbung "BUMI" karya Darwis Tere Liye