Take Home II Dasar-Dasar Public Relations
Selamat datang para pemburu bahan tugas komunikasi, pilihan kamu ke blog ini sangat tepat, sebab sebentar lagi kamu akan melihat contoh soal dan jawaban tentang dasar-dasar Public Relations. Kamu bebas menjadikan tugas yang sudah saya kerjakan susah payah ini sebagai referensi, ASALKAN menuliskan sumbernya dalam daftar pustakamu. Hargai aku, oke ?
Pertanyaan dan
Jawaban :
1. Sebutkan dan jelaskan bagian-bagian dan fungsi Public
Relations !
Jawaban :
Yang pertama, saya
akan menjelaskan bagian-bagian Public Relations. Public relations terdiri atas
bagian sebagai berikut :
a) Hubungan internal
Bagian PR ini bertugas untuk membina hubungan baik antar
karyawan dan manajernya dan membuat kedua belah pihak tidak merasa dirugikan.
b) Publisitas
Public Relations memberikan informasi-informasi yang
bernilai berita kepada media. Dalam pemberian informasi ini, PR sebagai sumber
berita tak dikenakan biaya apapun sehingga informasinya bersifat uncontrolled
(tak terkontrol).
c) Advertising
Apabila publisitas tak dapat dikontrol, hal sebaliknya
berlaku di bagian ini. Informasi yang diberikan oleh PR dapat dikendalikan
sebab untuk menerbitkan informasi di media memerlukan biaya dan bantuan dari
sponsor.
d) Press Agentry
Ini merupakan strategi PR untuk menarik perhatian publik
dengan cara membuat berita atau peristiwa yang bernilai berita.
e) Public Affairs
Bagian ini secara khusus berperan untuk mempengaruhi
kebijakan publik dengan cara membangun dan mempertahankan hubungan pemerintah
daan komunitas lokal.
f) Lobbying
Untuk dapat berpengaruh dalam penyususnan undang-undang
dan regulasi, terdapat Stu bagian khusus PR yang menangani pembentukan hubungan
baik dengan pemerintah.
g) Manajeman Isu
Manajemen Isu adalah proses proaktif dalam
mengantisipasi, mengindentifikasi, mengevaluasi, dan merespon isu-isu kebijakan
publik yang memengaruhi hubungan organisasi dengan publik mereka. Secara
administratif atau secara konseptual, manajemen isu adalah bagian fungsi PR,
akan tetapi, jika dilihat sebagai komunikasi persuasif, ia menjadi taktik untuk
memengaruhi kebijakan publik, bukan sebagai bagian dari perencanaan strategi
organisasi.
h) Hubungan investor
Hubungan Investor adalah bagian dari PR dalam perusahaan
korporat yang membangun dan menjaga hubungan yang bermanfaat dan saling
menguntungkan dengan shareholder dan pihak lain di dalam komunikasi keuangan
dalam rangka memaksimalkan nilai pasar.
i)
Pengembangan
Pengembangan adalah bagian khusus dari PR dalam
organisasi nirlaba yang bertugas membangun dan memelihara hubungan dengan donor
dan anggota dengan tujuan mendapatkan dana dan dukungan sukarela.
Sementara itu, fungsi PR memiliki berbagai versi, yang
dikemukakan oleh beberapa ahli. Berikut adaalah beberapa fungsi PR :
1) Fungsi utama PR
Fungsi utama PR dalam organisasinya meliputi bidang-bidang yang beragam.
v Menumbuhkan dan mengembangkan hubungan baik antara lembaga/organisasi
engan publiknya, baik publik intern maupun extern dalam rangka menanamkan
pengertian.
v Menilai dan menentukan pendapat umum yang berkaitan
dengan organisasinya.
v Memberi saran kepada pemimpin tentang cara-cara
mengendalikan pendapat umum sebagaimana mestinya.
v Menumbuhkan motivasi dan partisipasi publik dalam rangka
menciptakan iklim pendapat publik yangmenguntungkan organisasi/lembaga.
v Menggunakan komunikasi untuk mempengaruhi pendapt
umum .
2) Fungsi PR menurut International Public relations Association
Ø Memberi konseling yang didasari pemahaman masalah prilaku
manusia.
Ø Membuat analisis "trend" masa depan dan ramalan
akan akibat-akibatnya bagi institusi.
Ø Melakukan riset pendapat, sikap dan harapan masyarakat
terhadap institusi serta memberi saran tindakan-tindakan yang diperlukan
institusi untuk mengatasinya.
Ø Menciptakan dan membina komunikasi dua-arah berlandaskan
kebenaran dan informasi yang utuh.
Ø Mencegah konflik dan salah pengertian.
Ø Meningkatkan rasa saling hormat dan rasa tanggung jawab
sosial.
Ø Memperbaiki hubungan industrial.
Ø Menarik calon tenaga yang baik agar menjadi anggota serta
mengurangi keinginan anggota untuk keluar dari institusi.· Memasyarakatkan
produk atau layanan.
Ø Mengusahakan perolehan laba yang maksimal.
Ø Menciptakan jadi diri institusi.
Ø Memupuk minat mengenai masalah-masalah nasional maupun
ternasional.
Ø Meningkatkan pengertian mengenai demokrasi.
3) Fungsi PR menurut Canfield
ü Mengabdi kepada kepentingan umum (it should serve the public’s interest).
ü Memelihara komunikasi yang baik ( maintain good communication).
ü Menitik beratkan moral dan tingkah laku yang baik (stress good morals and manners).
4) Fungsi PR menurut Edward L. Bernaus
·
Memberikan
informasi kepada masyarakat.
·
Mengajak masyarakat
untuk mengubah sikap dan perilaku mereka.
·
Melakukan
usaha-usaha untuk menyatukan sikap dan tindakan suatu lembaga atau
organisasinya dengan publiknya atau sebaliknya.
2. Jelaskan akses Public Relations ke media massa !
Jawaban :
Praktisi PR punya
hubungan simbiotik dengan jurnalis. Untuk meraih “publisitas bebas” untuk
pekerjaan mereka, praktisi butuh akses ke media berita untuk menyebarkan
gagasan, informasi, atau pandangan organisasi dan klien yang mereka wakili.
Jurnalis mengandalkan informasi dalam press release untuk artikel tentang acara
yang pantas untuk diberitakan dalam komunitas mereka.
Public relation
memiliki akses ke media massa seperti media cetak, media siaran, system kabel,
dan internet.
1)
Praktisi PR perlu
mengetahui bahwa perlindungan kebebasan pers dalam First Amendment berarti
bahwa tidak ada warga Negara yang dijamin haknya untuk memaksa media cetak
untuk memublikasikan informasi khusus.
2)
Media penyiaran
tunduk kepada pemerintah sejak pertama kali muncul, dan ini memberikan
kesempatan bagi praktisi media untuk mendapatkan akses medium .
3)
Adanya system kabel
yang mendukung penerimaan sinyal suara gelombang di udara mengisyaratkan pemiliki saluran kabel untuk
menyediakan saluran akses bagi praktisi PR yang hendak menjangkau public
tertentu secara langsung melalui media massa.
4)
Internet merupakan
forum public masyarakat dimana setiap orang bebas berpendapat secara massa. Ini
membuat praktisi PR punya “jalur bebas” dalam menggunakan internet untuk
mengirimkan pesan ke beragam konstituen.
3. Sebutkan dan Jelaskan 6 media internal Public relations !
Jawaban :
a) Newsletter
Newsletter merupakan sarana untuk memperkenalkan
perusahaan kepada publik secara singkat padat dan jelas agar tercipta kedekatan
antara perusahaan dan publik.
b) Surat Kabar dan Tabloid
Surat kabar dan tabloid digunakan untuk menjangkau publik
yang lebih luas dan heterogen agar perusahaan makin dikenal luas.
c) Majalah dinding
Majalah dinding merupakan media yang sederhana dari segi
bentuk dan bahan-bahannnya namun memiliki ciri khas tersendiri karena dibuat
dengan kreaatifitas dari bendaa-benda sederhana. Meski media ini tak menjangkau
banyak publik, namun kekreativitasannya lebih menarik.
d) Majalah
Bentuknya hampir sama dengan tabloid, namun majalah
memiliki topik yang lebih beraagam.
Namun majalah juga memiliki beragam jenis juga, misalnya majalah agama,
majalah fashion, najalah anak, majalah keluarga, dan sebagainya. Majalah juga
memiliki waktu penerbitan yang berbeda. Ada majalah mingguan, dwimingguan, dan
bulanan.
e) Buletin
Buletin merupakan selebaran yang diterbitkan berisi
informasi singkat yang biasanya berupa satu artikel membahas topik tertentu.
Buletin juga diterbitkan secara berkala.
f) Internet
Internet merupakan jenis media yang paling dinamis dan
paling efektif sebab menjangkau paling banyak publik dan tidak memiliki batasaan
sebab walaupun bertahun-tahun artikel yang dimuat tetap ada.
4. Sebutkan dan jelaskan 5 media eksternal Public Relations
Jawab :
1) Press Release (Siaran pers)
Press release merupakan berita yang dibuat oleh seorang
PR yang diserahkan ke media untuk kemudian dipublikasikan ke publik.
2) Press Conference (konferensi pers)
Apabila ada kegiatan baru yang diadakan, ada bantahan,
atau ada kegiatan berskala besar yang akan diadakan oleh sebuah perusahaan,
maka PR Memanggil media untuk memberi pengumuman.
3) Press Room
Menyediakan informasi lengkap mengenai suatu perusahaan
yang dijadikan sebagai pusat informasi bagi publik.
4) Press Tour
Untuk lebih menjalin hubungan dengan media, maka PR
sebagai perwakilan perusahaan mengundang para wartawan untuk mengikuti kegiatan
wisata yang di dalamnya terdapat penyampaian informasi mengenai perusahaan,
misalnya pembukaan cabang abaru, launching
produk dan sebagainya.
5) Press Reception
Merupakan kegiatan khusus yang dibuat untuk menjalain
kedekatan lebih antara perusahaan dengaan media. Kegiatan ini tidak memiliki
agendaa khusus yang berkaitan dengan materi perusahaan, hanya untuk mempererat
hubungan saja. Misalnya, buka puasa bersama, jamuan makan, dan sebagainya.
Komentar
Posting Komentar
Sesederhana apapun idemu kemudian dituliskan dengan jujur, it's something.