Istilah Istilah yang Hanya Diketahui Oleh Penggemar Anime/Manga



Terima kasih telah berkunjung ke blog sederhana ini. Kali ini saya mau memberikan istilah-istilah yang khusus digunakan pada dunia anime dan manga (kartun/komik Jepang). Karena dari Jepang, tentu saja semua istilah itu berbahasa Jepang ataupun bahasa asing yang di-Jepangkan. Buat kamu yang merasa penggemar anime, ayo coba uji pengetahuanmu di sini.
(NB : Saya tidak memasukkan istilah yang juga umum digunakan pada hal-hal selain anime, seperti bahasa asing yang menunjukkan genre, sifat, benda, dsb karena pastinya istilah ini bisa dipahami oleh bukan penggemar anime/manga)

Bishounen: artinya cowok/laki-laki muda yang terlihat "cantik" atau tampan dan biasanya disukai banyak wanita.

Bishoujo: adalah wanita muda yang cantik dan biasanya disukai para lelaki. 


Doujinshi: atau dengan kata lain fan-art, arti nya terinspirasi dari suatu Anime/Manga yang sudah hadir diceritakan kembali dengan gaya art, gambar dan cerita dari imajinasi sesuka hati.

Ecchi: atau dengan kata lain Fan-Service adalah unsur yang hampir mendekati Hentai tapi tidak melewati, hanya mengandung unsur seksi level medium, biasanya dibuat untuk menarik minat para pembaca/penonton.

Harem: genre ini biasanya melibatkan 1 karakter lelaki dengan banyak karakter wanita (biasanya karena tertarik terhadap sang lelaki atau ada alasan lain) sebutan untuk sebaliknya adalah Reverse Harem atau 1 karakter wanita dengan banyak laki-laki.

Hentai: konten yang berisi hubungan seksual secara terang-terangan dan enak dilihat dari art-nya, genre ini bukan untuk yang masih dibawah umur.


Josei: ditujukan kepada para pembaca wanita berusia antara 18-30 tahun dengan art dan cerita yang lebih mendekati kenyataan dan kurang idealisme dibanding Shoujo.

Lemon: istilah untuk cerita anime/manga buatan fans/fanfiction yang temanya berorientasi unsur seksual.


Loli: ini memicu kepada karakter perempuan yang memiliki tubuh kecil dan usia muda (biasanya dari Sekolah Dasar) tapi bisa saja hanya diartikan perempuan yang memiliki tubuh mungil, karena ada beberapa karakter perempuan secara fisik maupun mental terlihat lebih kecil dari usianya. (contoh dibawah adalah karakter berusia 32 tahun)

Mecha: biasanya genre ini mengandung tipe-tipe mesin robot raksasa yang fantastik dan futuristik.

Oppai Loli: istilah ini dipake buat Loli yang punya dada gede.

Seinen: berarti juga "lelaki muda" ditargetkan untuk pembaca cowok berusia 18-25 tahun biasanya bercerita tentang kehidupan di universitas dan masa-masa dewasa yang lebih realitas.

Shota: sama seperti loli (lihat penjelasan loli diatas) hanya saja ini ditujukan kepada laki-laki yang mempunyai badan kecil baik sesuai usianya maupun tidak, karena bisa saja usia sudah ratusan tahun tapi tubuh masih seperti anak SD.

Shoujo: ditargetkan untuk para pembaca cewek dengan banyak unsur romantis dan pengembangan karakter yang kuat.

Shounen: sama seperti Shoujo, hanya saja ini ditargetkan untuk para cowok dan biasanya mengandung unsur kekerasan.

Trap: Cowok yang berpenampilan seperti cewek/punya wajah cukup "manis" untuk dilihat seperti cewek. (anehnya beberapa Trap gak pengen dibilang kayak cewek, tapi tetep aja make baju kayak cewek)

Yaoi: seri ini melibatkan hubungan intim terhadap sesama lelaki, bisa saja melibatkan hubungan yang lebih "jauh" lagi dari hanya sekedar bergandengan tangan, berpelukan dan sebagainya.

Yuri: seri ini melibatkan hubungan intim terhadap sesama wanita, bisa saja melibatkan hubungan yang lebih "jauh" lagi dari hanya sekedar bergandengan tangan, berpelukan dan sebagainya.

Baiklah, itu adalah beberapa istilah yang terkenal di para penggemar anime/manga, masih ada istilah-istilah yang belum saya masukkan di sini. Kenapa? Supaya kamu bisa menambahkannya di komentar :)

Komentar

  1. Cuma sedikit refisi soal [menurut pengalam membaca dan menonton] :
    Harem : itu artinya 1 orang yang didekati oleh banyak lawan jenis. entah itu cowok atau cewek, kok beda sama keterangan yang di atas?
    itu karena salah satu anime yang pernah gua tonton si cewek nyebutin kalo dia mau buat "Harem" untuk dirinya sendiri. dia nggak bilang "reverse harem"
    Ecchi : kalo menurut istilah ecchi itu artinya mesum sama kayak hentai tapi ecchi itu lebih ke perbuatan ketimbang hentai (hentai : sifat)
    dan ecchi itu gak sebatas Fan-Service atau seksi level medium, kok bisa? ya, karena salah satu anim yang pernah ditonton itu gendre-nya ecchi tapi nunjukin adegan intim antara cowok sama cewek tapi bagian vital gak keliatan. jadi, ecchi itu bisa juga mampunyai konten yang sama dengan hentai tetapi alat vitalnya enggak ditunjukin atau disensor.

    BalasHapus
  2. Terimakasih atas komentar nya

    BalasHapus

Posting Komentar

Sesederhana apapun idemu kemudian dituliskan dengan jujur, it's something.

Postingan populer dari blog ini

Begini Rasanya Wawancara S2 Unpad

Yuk, Teladani Sang Ayam Jantan dari Timur !

Kumpulan Cerbung "BUMI" karya Darwis Tere Liye