Kitab Sakti di bulan ramadhan

Pada bulan puasa seperti ini,  saya masih ingat waktu masih SD dulu kami belum kenal gadget.  Kegiatan mengisi waktu biasanya dilakukan dengan bermain PS seharian di salah satu rumah teman.  Selain itu waktu itu masih jaman nya bermain mercon tradisional yang terbuat dari bambu.  Banyak lagi hal hal menyenangkan lain yang dilakukan untuk mengisi waktu agar melupakan rasa lapar.
Pada waktu itu bulan puasa berarti libur,  kami memberi nya istilah libur panjang.  Tidak ada aktivitas belajar di sekolah semacam pesantren kilat dan sebagainya.  Namun kami tidak dibiarkan enak enak di rumah hehehe.  Ibu guru memberikan sebuah kitab Sakti yang harus menemani kami selama sebulan penuh bahkan lebih bernama kitab amaliyah ramadhan.  Itu adalah buku berisi daftar hal yang harus kami lakukan selama sebulan.  Mulai dari shalat wajib,  membaca alquran,  hingga zakat fitrah.  Setiap selesai melakukan sebuah kegiatan,  orang tua memberi paraf sebagai bukti.
Salah satu format yang harus di isi adalah bagian sholat tarawih dan ceramah tarawih. Biasanya setelah shalat isya,  akan ada murid dari sekolah agama yang berceramah dalam rangka tugas ramadhan.  Nah kami pun memiliki tugas,  yakni mencatat berbagai hal mengenai ceramah tadi,  mulai dari nama penceramah nya,  asal nya,  judul,  serta ringkasan ceramah nya.  Alhasil kami para anak-anak selalu membawa kitab Sakti itu ke mesjid. Setiap selesai shalat isya,  dimulai lah  ritual kami.
Anak-anak yang memiliki kitab Sakti biasanya berkerunun di salah satu sudut mesjid.  Kebiasaan di sekolah pun dibawa ke mesjid,  alih-alih mencatat masing-masing,  kami menunggu rezeki dari teman yang lain.  Apabila ada teman yang slesai mengisi format tersebut, maka yang lainnya akan menyalin.  Suasana bersama teman teman inilah yang membuat kami rindu bulan ramadhan (salah satu alasan sih hehehe).  Hanya di bulan ramadhan lah kami bisa bersama teman kami dari pagi hingga sore bahkan malam hari.
Saat ini pun,  sudah 10 tahun lebih berlalu ternyata anak-anak SD sekarang masih diberi kitab Sakti.  Bedanya hanya tampilannya yang lebih menarik dan colorful.  Ketika menyaksikan anak-anak usia SD yang asyik berkerumun di sudut mesjid sambil membawa kitab Sakti amaliyah ramadhan itu,  saya sejenak terlempar ke masa lalu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Begini Rasanya Wawancara S2 Unpad

Yuk, Teladani Sang Ayam Jantan dari Timur !

Kumpulan Cerbung "BUMI" karya Darwis Tere Liye